Cara Menghapus Windows Old di Windows 10

Cara Menghapus Windows Old di Windows 10

Terkadang, sebagian orang sering heran ketika melihat kapasitas hardisk mereka yang tinggal sedikit, padahal file yang dimiliki juga tidak terlalu banyak. Lalu, file apakah yang memakan ruang penyimpanan tersebut?

Jika Anda baru saja melakukan update Windows ataupun install ulang, maka kemungkinan besar file yang memakan ruang hardisk tersebut adalah Windows Old. Apakah Anda sudah tahu apa itu Windows Old dan apa fungsi darinya?

Oke, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang Windows Old dan bagaimana cara menghapusnya. Pasalnya, menghapus Windows Old ini juga sedikit beda dengan menghapus file dan folder pada umumnya.

Oh ya, cara ini juga bisa digunakan pada Windows 7 dan 8 ya. Jadi, jika Anda punya laptop yang menggunakan OS Win 7 ataupun Win 8 dan tiba-tiba ruang penyimpanannya berkurang cukup banyak, mungkin Anda bisa mencoba cara ini.

Apa Itu Windows Old?

Berdasarkan penjelasan yang dikutip dari charis.id, Windows Old adalah sebuah folder yang berisi file hasil backup otomatis yang dilakukan Windows saat update ataupun install ulang. Hasil backup yang dilakukan Windows meliputi file-file penting dalam sistem Windows.

Windows Old ini juga dimaksudkan sebagai antisipasi ketika Anda lupa melakukan backup saat hendak install ulang. Jadi, ketika Anda install ulang tanpa melakukan backup data terlebih dahulu, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data di disk C.

Tapi ingat, Windows Old hanya akan muncul ketika Anda tidak melakukan format pada disk C saat install ulang. Jika Anda melakukan format, maka folder Windows Old ini tidak akan muncul pada Windows Anda.

Lain halnya ketika melakukan update, folder Windows Old sudah pasti akan muncul. Jadi jangan heran lagi ketika penyimpanan hardisk Anda membengkak seketika.

Bolehkah Menghapus Windows Old?

Kalau dari pihak Windows sendiri, folder ini bisa dan boleh dihapus. Namun, semua itu kembali kepada penggunanya, apakah masih memerlukan folder tersebut atau tidak.

Jika sudah tidak memerlukan folder Windows Old, maka lebih baik dihapus saja daripada membuat ruang penyimpanan semakin sesak. Namun, jika masih ada file penting yang ada dalam folder ini, silahkan pindahak terlebih dahulu.

Apa Efek Setelah Menghapus Windows Old?

Sebenarnya tidak akan ada efek tertentu yang mengganggu sistem Windows. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwasannya pihak Windows juga memperbolehkan penggunanya untuk menghapus Windows Old, jadi memang tidak akan ada efek tertentu.

Yang akan terjadi adalah file tersebut terhapus saja, tidak ada yang lain. Jadi, pastikan Anda sudah yakin kalau dalam folder Windows Old tersebut tidak ada lagi folder ataupun file penting yang masih dibutuhkan.

Cara Menghapus Windows Old

Sampai disini, apakah Anda sudah yakin mau menghapus Windows Old dari Windows 10? Jika ya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, silahkan Anda buka Windows Explorer di Windows 10 Anda. Setelah itu, klik kanan pada Local Disk (C:) lalu pilih Properties. Selanjutnya Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini, klik Disk Cleanup.

cara menghapus windows old

Setelah itu tunggu beberapa saat dan Anda akan melihat beberapa file yang bisa Anda delete. Namun, Windows Old bukan terletak bagian itu, Anda harus masuk ke file sistem terlebih dahulu untuk bisa menemukan Windows Old. Caranya, silahkan klik Clean up system files.

gagal menghapus windows old

Setelah Anda klik clean up system files, silahkan tunggu beberapa saat, mungkin prosesnya sedikit lama dari proses sebelumnya. Setelah proses selesai, Anda akan melihat bagian seperti proses sebelumnya. Bedanya, Anda akan melihat Windows Old, perhatikan pada Previous Windows installation(s).

Untuk menghapusnya, silahkan berikan centang pada Previous Windows installation(s) lalu klik Ok dan tunggu proses penghapusan selesai. Oh ya, dalam tahap ini silahkan hilangkan centang pada bagian yang tidak ingin Anda hapus seperti Download, karena jika tetap Anda centang, maka file dalam folder tersebut akan ikut terhapus.

hapus windows old

Proses penghapusan akan memakan waktu yang cukup lama, jadi tunggu saja ya.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang Windows Old dan cara menghapusnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda yang ingin menghapus Windows Old di Windows 7, 8, maupun 10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *