Ketahuilah Ciri Khas Makanan Sumatera secara Umum

Bagi Anda pecinta makanan khas Sumatera Utara, wajib mengetahui ciri khas Makanan Sumatera secara umum. Pastinya setiap daerah memiliki ciri khas makanannya masing – masing. Baik dari segi rasa, maupun dari teksturnya. Berikut saya akan menjelaskan mengenai ciri – ciri yang ada dalam makanan Sumatera.

Ciri Khas Makanan Sumatera

Pada setiap daerah, terdapat perbedaan yang unik di dalamnya. Perbedaan tersebut dapat berasal dari bahasa, budaya, hingga makanannya. Berikut ini saya akan menjelaskan tentang ciri khas Makanan Sumatera yang wajib Anda ketahui.

1. Memiliki Rasa Relatif Pedas

Makanan daerah Sumatera tergolong dalam masakan yang memiliki rasa relatif pedas. Hal ini karena dalam memasak berbagai makanan menggunakan banyak cabai rawit. Makanan yang memiliki rasa pedas adalah Arcik, Bubur Pedas, Sayur Gurih Tauco, Natinombur, Manuk Napinadar, Saksang, Daun Singkong Tumbuk, Sate Kerang, Sambal Tuktuk, dan lainnya.

2. Kebanyakan Dibakar, Digoreng, dan Direbus

Makanan daerah Sumatera tergolong dalam masakan yang banyak masakannya dimatangkan dengan dibakar, digoreng, dan direbus. Dengan cara ini, masakan menjadi semakin lezat. Makanan tersebut adalah Mie Gomak, Lemang, Bihun Bebek, Arsik, Natinombur, Manuk Napinadar, dan makanan lainnya.

3. Banyak Menggunakan Santan

Makanan daerah Sumatera tergolong dalam masakan yang menggunakan santan kental. Biasanya santan tersebut harus dari buah kelapa, bukan dari santan kemasan yang instan. Pastinya memiliki cita rasa yang lezat. Makanan tersebut antara lain Arsik, Lemang, Bika Ambon, Kari, Bubur Pedas, Saksang, Kolak Durian, Daun Singkong Tumbuk, Rendang, dan lainnya.

4. Minim Masakan dari Sayuran

Makanan daerah Sumatera tergolong dalam masakan yang minim menggunakan bahan dasar sayur mayur. Biasanya sayur yang digunakan berupa kacang panjang, tauge, tanaman pakis, singkong, buncis, dan nangka muda. Makanan tersebut antara lain Daun Singkong Tumbuk, Arsik Ikan Mas, Anyang Pakis, Sayur Gurih Tauco, dan makanan lainnya.

5. Menggunakan Bahan Dasar Ikan

Makanan daerah Sumatera tergolong dalam masakan yang menggunakan bahan dasar ikan. Biasanya masakan ini dibuat oleh masyarakat daerah pesisir. Biasanya masakan tersebut dicampur dengan bumbu kuning dengan cita rasa pedas di dalamnya. Makanan tersebut antara lain Arsik Ikan Mas, Naniura, Natinombur, Sambal Tuktuk, Model, Laksan, dan makanan lainnya.

6. Banyak menggunakan Bumbu Rempah

Makanan daerah Sumatera tergolong dalam masakan yang banyak menggunakan rempah – rempah. Pastinya masakan tersebut akan sangat terasa bumbunya. Biasanya makanan tersebut juga memiliki rasa pedas dan gurih di dalamnya. Makanan tersebut antara lain Arsik Ikan Mas, Rendang, Soto Udang, Sate Padang, Soto Padang, dan makanan lainnya.

Semua masakan yang berasal dari Sumatera menggunakan bumbu rempah lengkap dengan rasa pedasnya. Masakan tersebut sangat cocok bagi anda yang suka berburu kuliner. Untuk mengetahui informasi masakan lainnya, Anda dapat mengunjungi https://www.topijelajah.com . Pastinya semua informasi di sana sangatlah lengkap dan terbaru. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *