Cara Menanam Rumput Gajah Agar Tumbuh Lebat

Rumput gajah merupakan salah satu rumput dari spesies unggul. Jenis rumput ini cocok ditanam di tanah sekitar ladang, atau bisa juga di daerah tanah yang masih luas. Biasaya masih banyak petani yang memiliki lahan yang cukup untuk ditanami rumput gajah. Jika Anda ingin menanam rumput gajah, maka penting untuk mengetahui cara menanam rumput gajah dengan benar.

Rumput gajah yang ditanam petani selain dimanfaatkan untuk pakan ternak, terkadang juga untuk dijual. Permintaan terhadap rumput gajah untuk pakan ternak saat ini cukup tinggi. Mengingat tidak semua peternak memiliki lahan untuk ditanami rumput gajah.

Simak Cara Menanam Rumput Gajah Yang Mudah Dengan Hasil Yang Lebat

  1. Menyiapkan Lahan Sebagai Media Tanam

Lahan yang baik untuk ditanami rumput gajah adalah yang tidak kering atau tandus. Jika lahan Anda tandus, maka sebaiknya lakukan penyiraman lebih dulu. Metode penyiraman ini dilakukan untuk mendukung nutrisi dan unsur hara agar bisa diserap dengan baik sehingga rumput gajah tumbuh dengan lebat.

Efektivitas tanah yang gembur bisa dicapai hingga kedalaman tanah 6 sampai 10 cm. timbunlah kembali tanah setelah melakukan penggemburan.

  1. Penanaman Rumput Gajah

Setelah menyiapkan lahan,  maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses penanaman. Waktu yang paling baik untuk menanam rumput gajah adalah ketika musim hujan. Hal itu dikarenakan rumput gajah pada dasarnya memerlukan banyak air pada fase awal pertumbuhan setelah ditanam.

Untuk mendapatkan benih rumput gajah, Anda dapat membeli rumput pertama. Tanamlah benih tersebut selama musim hujan, rumput gajah mini sangat membutuhkan banyak air.

Lakukanlah proses pengolahan tanah menjadi gembur jika lahan yang Anda miliki adalah lahan yang tandus atau kering. Olah tanah kering tersebut dengan melakukan penyiraman dan pemupukan tanah dan membiarkannya selama satu minggu. Hal ini dilakukan agar tanah memiliki nutrisi dan unsur hara yang cukup.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sinar matahari yang cukup untuk rumput gajah. Dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup, rumput gajah dapat tumbuh menyamping dan menjuntai ke bawah.

Untuk Lebih Jelasnya Simak Tata Cara Menanam Rumput Gajah Berikut

  1. Potong kecil-kecil benih rumput gajah. Buatlah potongan sampai akar rumput gajah tidak terlihat dan tertutup tanah.
  2. Tanamlah rumput gajah dengan proses zig-zag agar hasil sempurna.
  3. Pukul perlahan tanah agar tanah dan jaringan akar lebih kuat.
  4. Setelah merata, tancapkan rumput gajah ke dalam tanah dengan cara menancapkan bagian akar ketah rumput gajah agar bisa terikat kuat dengan tanah.
  5. Atur jarak rumput gajah sesuai keinginan.

Simak info dan tips pertanian paling lengkap yuk lihat di TaniMuda

  1. Perawatan Tanaman Gajah

Setelah melakukan penanaman maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan tanaman gajah. Yaitu dengan memberikan pupuk NPK setelah dua minggu ditanam. Imbangi pemberian pupuk dengan penyiraman air secara teratur pada pagi dan sore hari. Pertumbuhan rumput gajah sangat bergantung dengan pemberian air.

Jika diperlukan, buatlah pagar sementara supaya tidak ada hewan seperti unggas yang memakan rumput gajah yang Anda tanam. Jika Anda menemukan bagian rumput gajah yang diserang hama atau gulma maka cabutlah sampai ujung akar yang terkena hama tersebut agar tidak menjalar.

Memanfaatkan lahan kosong menjadi budidaya rumput gajah merupakan pilihan yang tepat. Dengan mengetahui cara menanam rumput gajah yang benar serta memantau pertumbuhannya, rumput gajah yang Anda tanam dapat tumbuh dengan lebat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *