Cara Menanam Kemangi yang Praktis dan Mudah Dilakukan Di Rumah

Bagi pencinta lalapan, daun kemangi menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Terkadang cukup sulit menemukan kemangi yang segar di pasar. Dengan mengetahui cara menanam kemangi yang baik dan benar, Anda bisa membudidayakan sayuran jenis ini di rumah dengan cara yang cukup mudah.

Dengan menanam sendiri kemangi di rumah, Anda hanya tinggal memetik kemangi ketika Anda memasak menu-menu seperti pepes ikan, ayam bakar, dan ayam goreng. Pastinya akan terasa lebih segar dan menggugah selera makan.

Berikut Uraian Cara Menanam Kemangi di Rumah Dengan Mudah dan Tumbuh Lebat

  1. Pemilihan Tanah Sebagai Media Tanam

Perhatikanlah ketika Anda memilih tanah untuk tanaman kemangi agar tumbuh subur. Gemburkanlah tanahnya lebih dulu agar kondisi tanah bagus sehingga tanaman bisa menyerap unsur hara dengan baik. Kemudian beri pupuk kompos untuk nutrisi tanaman kemangi agar tumbuh dengan baik.

Jika akan menggunakan pot, lakukanlah sterilisasi pada pot. Ketika memasukkan tanah ke dalam pot sebaiknya tidak memadatkan tanah ke dalam pot, hal ini dilakukan agar tetap terdapat sirkulasi udara untuk tanaman kemangi tumbuh dengan subur. Jika tanah ditekan atau dipadatkan di dalam pot, dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan kemangi.

  1. Pemilihan dan Penanaman Benih Kemangi

Terdapat dua cara untuk mendapatkan benih kemangi. Benih kemangi bisa didapat dari bunga kemangi yang tua dan telah mengering, dan bisa juga dengan memotong bagian dahan atau batang kemangi dari pohon induk.

Pada tanaman kemangi, ambil beberapa tangkai bunganya yang sudah kering kemudian letakkan pada alas atau wadah. Setelah itu lakukanlah penjemuran. Jika dirasa sudah cukup kering, tempatkan pada tempat yang teduh untuk diangin-anginkan.

Jika kesulitan menemukan pohon kemangi, gunakan saja kemangi yang biasa dijual tukang sayur/pasar untuk dijadikan benih. Namun pastikan kemangi yang Anda pilih adalah yang sudah tua ya, kemudian lakukan langkah yang sama seperti di atas untuk mendapatkan benih kemangi.

Setelah Anda mendapatkan benih kemangi, tinggal tanam saja di media tanam tanah langsung atau pot/polybag yang telah disiapkan. Tanamlah kemangi di luar ruangan jika ingin mendapatkan hasil tanaman kemangi yang daunya besar dan lebar.

Namun jika ingin mendapatkan hasil kemangi berdaun sedang, Anda bisa menanam kemangi di dalam ruangan. Apapun cara yang Anda pilih, pastikan agar tanah yang digunakan adalah tanah yang gembur, diberi air yang cukup, dan sinar matahari yang memadai.

  1. Perawatan Tanaman Kemangi

Kemangi tidak bisa tumbuh maksimal dalam kondisi udara yang lembab/dingin, jadi selalu pastikan tanaman kemangi Anda berada di tempat yang cukup sinar matahari. Lakukan penyiraman secara teratur sebanyak 2 kali sehari, misalnya pada pagi dan sore hari.

Bila diperlukan, lakukan penyemprotan dengan pestisida alami 1 kali dalam sebulan. Hal tersebut dilakukan agar tanaman kemangi Anda bebas hama yang dapat merusak tanaman.

  1. Pemanenan Tanaman Kemangi

Jika tanaman kemangi Anda sekiranya sudah cukup tinggi, maka dapat dilakukan pemanenan. Guntinglah atau potong dengan pisau dua daun kemangi pertama. Pemanenan dengan cara tersebut dilakukan agar tumbuh tunas kemangi sehingga dapat menghasilkan pucuk-pucuk daun kemangi baru.

Menanam kemangi sendiri di rumah memangĀ  cukup mudah dan tidak ribet. Dengan uraian cara menanam kemangi seperti di atas, jika dilakukan dengan benar tanaman kemangi Anda akan tumbuh dengan lebat.

Mau tahu tips dan info lain agar tanaman tumbuh dan berbuah lebat ? yuk kunjungi TaniMuda

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *