Cara Mengatasi Bluetooth Headset Tidak Terdeteksi

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

Penggunaan teknologi Bluetooth semakin luas untuk perangkat pendukung smartphone, seperti salah satunya adalah headset.

Headset dengan teknologi Bluetooth kini lebih diminati dibandingkan dengan headset menggunakan kabel karena kepraktisan yang ditawarkannya. Pengguna smartphone pun bisa lebih leluasa bergerak karena tidak tergantung pada kabel.

Munculnya headset Bluetooth menjadi kabar baik sendiri bagi para gamers yang memainkan game di smartphone.

Pasalnya, kini muncul beberapa headset Bluetooth untuk fungsi gaming seperti Rexus dengan tipe X1, M1, FX1, S3 Pro dan yang lainnya.

Gamers dan pecinta game mobile lainnya menggunakan merk tersebut karena nyaman dan mudah digunakan,

Meski demikian, teknologi buatan manusia tidak selalu sempurna seperti yang diharapkan. Terkadang, headset bluetooth juga bisa mengalami kesulitan untuk terhubung ke perangkat smartphone anda.

Proses pairing biasanya menjadi yang sering gagal saat penyambungan perangkat Bluetooth dengan smartphone. Sebaiknya anda mencoba 15 cara berikut solusi perangkat Bluetooth tidak terdeteksi.

16 Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi

Solusi 1 – Cek kompatibilitas antara headset yang Anda beli dengan smartphone. Apakah support android saja, iOS saja, atau bisa keduanya.

Solusi 2 – Jika Bluetooth tidak terdeteksi, pastikan smartphone anda telah mengaktifkan Bluetooth, juga perangkat pendukung yang akan disambungkan. Pada Headset Rexus misalnya, akan muncul notifikasi saat Bluetooth menyala.

Solusi 3 – Proses pairing menjadi salah satu yang sering gagal saat menyambungkan perangkat ke smartphone. Oleh karena itu, pastikan mengikuti langkah berikut ini dengan sistem komputer. Isilah kode atau password yang diminta atau pencet tombol yang diminta di kedua perangkat agar sambungan Bluetooth tersambung.

Solusi 4 – Pada perangkat yang akan disambungkan, misalnya headset Bluetooth, aktifkan discoverable mode untuk membuat perangkat secara otomatis mencari sambunagn Bluetooth yang ada di sekitarnya.

Solusi 5 – Salah satu solusi perangkat Bluetooth tidak terdeteksi, adalah jarak ideal untuk proses pairing antara perangkat smartphone dengan perangkat Bluetooth yang ingin disambungkan. Keduanya jangan sampai terpisah melebihi 10 meter.

Solusi 6 – Anda bisa melakukan reset perangkat Bluetooth anda jika Bluetooth tidak juga menyala. Reset Bluetooth juga bisa dilakukan pada smartphone, seperti mengaktifkan mode pesawat terlebih dulu, kemudian nonaktifkan lagi, dan nyalakan Bluetooth.

Solusi 7 – Terkadang beberapa perangkat bluetooth di sekitar anda yang aktif juga bisa membingungkan proses pairing. Maka ada baiknya anda mematikan perangkat Bluetooth di sekitar anda yang aktif untuk mempercepat proses penyambungan.

Solusi 8 – Kondisi baterai juga berpengaruh terhadap kelancaran penyambungan antara kedua perangkat. Pastikan kedua perangkat memiliki daya baterai yang cukup dan mumpuni selama proses penyambungan atau pairing.

Solusi 9 – Hapus daftar nama perangkat yang tidak akan kamu sambungkan dengan pilih “Forget This Device” pada smartphone anda. Cara ini efektif untuk merefresh kerja perangkat sehingga bisa mempercepat proses pengiriman data dengan koneksi Bluetooth.

Solusi 10 – Salah satu penghalang Bluetooth di antaranya adalah Wi-Fi karena spectrum radio yang digunakan hampir sama. Maka sebaiknya jauhi router Wi-Fi selama ingin menggunakan Bluetooth.

Solusi 11 – Download driver perangkat yang ingin disambungkan Bluetooth dengan smartphone anda.

Solusi 12 – Update perangkat anda dengan yang terbaru, Terkadang, perangkat Bluetooth memerlukan update-an terbaru agar bisa tersambung.

Solusi 13 – Batasi jumlah pengiriman data antar perangkat. Masuk ke pengaturan-> Bluetooth dan pilih Device-> batasi pengiriman data.

Solusi 14 – Membersihkan cache Bluetooth juga bisa menjadi opsi solusi perangkat Bluetooth tidak terdeteksi.

Solusi 15 – Pastikan perangkat smartphone anda menggunakan Bluetooth dan bukan frekuensi radio seperti Wireless HD, NFC atau Zigbee karena mereka memiliki spectrum radio yang mirip.

Solusi 16 – Cek apakah ada perangkat lainnya yang juga terhubung ke headset bluetooth Anda. Karena perangkat biasanya hanya mengizinkan 1 bluetooth saja yang terkoneksi sehingga ini menghambat perangkat lain.

Demikianlah 16 solusi atau cara yang bisa dicoba untuk mengatasi headset bluetooth yang tidak terdeteksi. Oiya, kami memiliki info tambahan nih, bila Anda sedang mencari headset bluetooth yang bagus, Anda bisa mencari referensinya di rekomended.com, ya! Rekomended itu, situs yang berisi ulasan-ulasan produk terbaik, cocok banget untuk referensi sebelum belanja apapun :)).

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *