Cara Menghitung Biaya Renovasi Atap Rumah

menghitung biaya renovasi atap rumah

Terkadang ada masa dimana Anda membutuhkan renovasi atas atap rumah Anda. Memang, merenovasi atap rumah adalah hal yang dibutuhkan utamanya atap adalah bagian yang penting dari sebuah rumah.

Meskipun begitu, terkadang Anda khawatir akan biaya renovasi atap rumah yang akan Anda tanggung.

Ada banyak kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi membuat Anda harus pandai memprediksi atau memperkirakan biaya renovasi atap tersebut. Untuk menjawab permasalahan Anda, berikut akan diberikan gambaran serta langkah untuk memperkirakan berapa banyak biaya yang akan Anda keluarkan untuk renovasi atap rumah Anda.

Cara Menghitung Biaya Renovasi Atap Rumah

Bagaimana langkah-langkah untuk Anda agar mengerti perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk renovasi atap

Caranya sangat sederhana dan dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan profesional. Caranya antara lain adalah sebagai berikut:

Pertama, perhatikan volume yang digunakan untuk penggarapan atap secara borongan adalah seberapa luasnya bidang atap Anda atau luas miring atap tersebut.

Bagaimana cara menghitung volume atap?

Caranya adalah luas bangunan dengan overstek yang dibagi dengan cosinus sudut kemiringan atap Anda. Misalnya, suatu bangunan 6m x 10m dianggap memiliki overstek depan dan belakang sebesar 1m, maka luas datarnya adalah 72 meter persegi.

Overstek merupakan bagian yang menggantung tanpa ditopang tiang atau dinding.

Kedua, dengan anggapan bahwa kemiringan atap adalah 30 derajat dan luas bidang atap adalah 72 meter persegi kemudian dibagi dengan Cosinus 30 maka hasilnya adalah 83 meter persegi. Sebagai catatan, Cosinus 30 derajat ialah 0, 866 yang mana dapat Anda ketahui menggunakan scienfic calculator yang ada pada ponsel Anda.

Melakukan pergantian rangka atap kayu lama dengan rangka atap baja akan lebih rumit juga Anda hanya menggantinya sebagian saja, maka dari itu, sebaiknya Anda menggantinya secara keseluruhan.

Ketiga, untuk memperkirakan biaya renovasi atap rumah adalah dengan menentukan item pekerjaan renovasi yang harus segera ditindaki.

Item tersebut antara lain adalah bongkar atam lama. Untuk melakukan pekerjaan tersebut diperkirakan biayanya adalah 60 ribu hingga 70 ribu per meter perseginya. Harga tersebut tergantung dengan tingkat kesulitan dan volume.

Keempat, item selanjutnya adalah mengerjakan bagian rangka atap baja ringan. Harga untuk ini sangat bervariasi, dan umumnya harga per meter perseginya adalah mulai dari 100 ribu hingga 190 ribu.

Kelima, Anda harus memastikan apakah akan menggunakan genteng lama atau mengubahnya menjadi genteng baru. Anda akan lebih menghemat biaya jika mempergunakan genteng lama tersebut. Masalahnya adalah jika terdapat beberapa genteng yang rusak, Anda akan kesulitan untuk menemukan genteng yang serupa.

Umumnya, biaya untuk memasang genteng keramik atau beton harga per pcsnya antara 30 ribu hingga lima puluh ribu rupiah.

Apabila Anda menggunakan genteng yang baru, maka sebaiknya Anda memastikan bahwa atap genteng tersebut merupakan jenis keramik atau beton, atau lebih baik jika atap metal atau aspal onduline.

Keenam, apakah perlu untuk mengganti plafon dengan merenovasi atap? Jawabannya, tergantung keinginan Anda.

Bila dirasa mengganti plafon bisa mempercantik rumah, ini merupakan pilihan yang tepat. Selain memperbaiki atap sekalian memperindah rumah dengan mengganti plafon rumah.

Pada dekadeko.com kita dapat melihat ada beberapa material plafon yang bisa dipilih, mulai dari triplek hingga gypsum. Jenis material ini nantinya juga akan berimplikasi pada biaya yang mesti Anda keluarkan. Dibanding triplek harga gypsum memang relatif lebih mahal.

Nah, dengan memperkirakan biaya untuk melakukan renovasi atap Anda, maka Anda tidak buta arah dan tidak siap dari segi finansial untuk memperbaiki bagian vital rumah Anda tersebut.

Jika atap rumah Anda sudah waktunya untuk direnovasi, sebaiknya Anda melakukannya dengan segera demi kenyamanan hunian untuk keluarga Anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *