Resep Bihun Bebek

Bagi Anda yang suka dengan menu masakan bebek, wajib mencoba resep bihun bebek satu ini. Makanan bihun bebek ini merupakan makanan khas Sumatera Utara. Di Medan, makanan ini dijual dengan harga Rp. 60.000. Pastinya dengan harga segitu sebanding dengan rasanya yang lezat. Berikut ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat bihun bebek.

Resep Bihun Bebek Mudah

Cara pembuatan masakan bihun bebek tergolong mudah. Anda dapat membuat makanan ini sebagai variasi menu masakan di rumah Anda. Bila Anda penasaran, dapat simak penjelasan tentang resep bihun bebek dalam artikel ini.

• Bahan yang Disiapkan

1. 1 ekor bebek yang masih utuh
2. 4 cm jahe yang telah dimemarkan dan dicincang
3. 3 cm jahe yang telah dicincang secara halus
4. 5 siung bawang putih yang telah dicincang secara halus
5. 2 batang daun bawang
6. 1 sdm angciu
7. 300 ml cuka
8. 2 sdm minyak wijen
9. 1 sdm minyak untuk menumis bumbu
10. 1 sdt garam
11. 4 sdt gula
12. 1 sachet merica bubuk
13. Air secukupnya

• Bahan untuk Bihun

1. 300 gram bihun yang telah diseduh dengan air panas
2. 60 ml kecap asin
3. 60 ml minyak bawang

• Bahan sebagai Pelengkap

1. 3 siung bawang putih yang telah digoreng untuk taburan
2. 4 batang daun bawang yang telah dipotong halus untuk taburan
3. 100 gram daun selada yang telah dipotong dengan ukuran sedang
4. 10 tangkai daun ketumbar yang telah diambil daunnya

• Cara Membuat Bihun Bebek

1. Bersihkan Bebek

Buang bagian kepala dan kaki bebek. Jangan sampai ada bulunya yang masih menempel. Bila sudah selesai, cuci bersih bebek tersebut. Kemudian lumuri bebek dengan menggunakan garam dan cuka. Lalu diamkan bebek selama 1 jam.

2. Masak Bebek

Bila sudah mencapai 1 jam, ambil bebek dan masukkan ke dalam panci. Isi panci dengan menggunakan air bersih. Masukkan bawang daun dan jahe ke dalam panci tersebut. Lalu rebus bebek hingga mendidih dengan menggunakan api sedang. Bila sudah mendidih, letakkan bebek pada wadah lain dan dinginkan. Kemudian saring kaldunya dan sisihkan.

3. Buat Bumbu Masakan

Panaskan minyak dalam wajan. Lalu tumis jahe dan bawang putih yang telah dicincang secara halus. Tumis hingga harum. Kemudian rebus kembali kaldu bebek yang telah disisihkan. Masukkan bumbu yang telah ditumis tadi. Aduk hingga merata dan mendidih. Tambahkan angciu, merica, minyak wijen dan garam. Aduk kembali hingga tercampur.

4. Masakan Siap Dihidangkan

Ambil bihun yang telah ditiriskan dan letakkan di mangkuk. Masukkan kecap asin dan minyak bawang. Aduk rata. Kemudian masukkan suwiran bebek di atasnya. Taburi dengan bawang putih yang telah digoreng, daun selada, daun ketumbar, dan daun bawang kecil. Siram dengan kaldu bebek yang telah dibumbui. Sajikan selagi hangat.

Pembuatan masakan bihun bebek sangatlah mudah dan cepat. Anda tidak perlu lagi membeli bihun bebek dengan harga mahal, cukup membuatnya dirumah. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lainnya, dapat mengunjungi https://www.topijelajah.com . Pastinya semua informasi di sana sangatlah lengkap dan terbaru. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *