Makanan Khas Sumatera Utara Nias Paling Enak dan Lezat

Nias merupakan kepulauan yang berada di Pulau Sumatera. Nias dihuni oleh suku yang bernama suku nias yang merupakan salah satu suku di Indonesia yang masih mempunyai budaya megalitik. Nias mempunyai makanan khas yang harus Anda cicipi. Makanan khas Sumatera Utara Nias tersebut dapat Anda temukan ketika berkunjung ke Sumatera Utara.

Makanan Khas Sumatera Utara Nias

Selain kuliner, Nias juga mempunyai budaya yang masih kental yaitu lombat batu. Biasanya setalah menikmati atraksi budaya, lebih nikmat jika mencicipi makanan khas yang beragam tersebut. Dijamin akan menggugah selera makan Anda karena bumbu rempah yang khas dan menggugah selera. Bagi Anda yang berkunjung ke pulau Sumut ini, jangan lupa untuk mengunjungi kepulauan Nias dan mencicipi berbagai macam kuliner atau makanan khas disana.

1. Makanan Harinake

Harinake mempunyai rasa yang enak dan lezat. Terbuat dari daging babi cincang dan diiris dengan ukuran kecil-kecil dan tipis. Makanan ini banyak dicari oleh para wisatawan dan menjadi makanan wajib yang harus dicicipi. Harinake merupakan makanan yang disajikan untuk menghormati tamu dan mertua.

2. Makanan Gowi Nifufu

Makanan ini merupakan ubi yang menjadi hidangan pertama dimakan pada zaman dahulu. Pada zaman dahulu, setiap hari harus memakan ubi ini dan tidak lengkap jika belum memakannya. Para wisatawan biasanya memakan dan menikmati Gowi Nifufu ini sebelum makan nasi karena rasanya sangat unik dan lezat. Selengkapnya di blog https://www.topijelajah.com!

3. Makanan Ni’owuro

Makanan ini merupakan asinan daging babi. Proses pengasinan daging dan ikan dapat membuat lebih tahan lama. Gading babi diasinkan dan dihidangkan bersama sayur yang masih segar. Selain daging babi, daging ayam, sapi atau kerbau juga dapat diasinkan juga. Untuk mencicipi hidangan ini Anda dapat bertanya dulu kepada penjual agar dapat dililihkan daging yang sudah siap untuk disantap.

4. Makanan Lehedalo Nifange

Makanan khas yang satu ini merupakan kuliner yang terkenal di Nias. Kuliner tersebut terbuat dari talas yang direndang. Makanan tersebut sering menjadi lauk andalan para warga Nias dan menikmatinya bersama dengan sagu. Rasanya enak dan gurih walaupun bahan utama makanan tersebut adalah talas atau sejenis ubi-ubian.

5. Makanan Kofo-kofo

Makanan ini adalah kuliner khas Nias. Bahan utamanya ikan yang sudah dibuang kulitnya dan dimasak dengan menggunakan santan kelapa setelah digoreng. Kuliner ini biasanya disantap untuk lauk makan. Sebelum ikan digoreng, ikan ditumbuk halus dan dicampur dengan telur dan di stream. Hidangan tersebut sangat cocok menjadi menu makan siang bersama keluarga keran mempunyai rasa yang lezat seperti gulai ikan.

6. Makanan Hambae Nititi

Hambae Nititi adalah kuliner yang berbuat dari daging kepiting dan dicampur dengan santan kelapa. Makanan tersebut biasanya dimasak hingga kering seperti abon. Rasanya sangar gurih dan enak. Untuk menemukan makanan tersebut biasanya ada pada bulan Mei, Juni dan Juli di Hanako.

7. Makanan Silio Guro

Makanan ini adalah hidangan yang mirip pepes bakar dan disajikan dengan dibungkus daun pisang lalu dipanggang diatas bara api. Silio Guro berisi daging yang digiling dan kelapa serta bumbu khas. Daging yang digunakan adalah daging udang sehingga rasanya lebih lezat dan gurih.

Sumatera Utara memang sangat terkenal akan beragam wisata dan kulinernya. Salah satunya makanan khas Sumatera Utara Nias tersebut. Kuliner menjadi aya tarik tersendiri untuk para wisatawan asing maupun lokal. Karena setiap kuliner menyajikan cita rasa yang berbeda serta cara penyajian yang unik dan menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *