Cara Memilih Kamera DSLR

kamera dslr

Simak 10 ulasan ini ya supaya Anda tidak salah saat membeli kamera DSLR, terutama pemula. Ada pula informasi mengenai kamera DSLR terbaik. Yuk cek…


Apabila anda sedang masuk di dunia fotografi pastinya butuh kamera sebagai modalnya. Ada ragam pilihan kamera, mulai dari pocket, action, prosumer, mirrorless, atau dslr. Saat pembelian nantinya ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan.

Nah, inilah yang akan dibahas pada artikel ini mengenai cara memilih kamera dslr yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ulasannya:

Cara Memilih Kamera DSLR untuk Pemula

cara memilih kamera dslr
cara memilih kamera dslr

1. Tujuan Beli Kamera DSLR

Yang pertama, anda harus mempertimbangkan tujuan untuk memilikinya. Apabila ingin mendalami dunia fotografi, tentu membutuhkan kamera dengan model yang pas, misalnya kamera DSLR semipro. Namun, apabila untuk dokumentasi pribadi, tugas maupun kebutuhan lainnya, kamera DSLR basic sudah cukup.

2. Jenis Fotografi dan Karakteristik Kamera

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal tentu perlu pilih tone yang sesuai preferensi. Dan apabila ingin mengambil gambar pemandangan yang bisa dibawa traveling, maka anda butuh kamera yang agak ringan, simpel namun bisa memberikan gambar tajam, misalnya action cam atau mirrorless. Detail mengenai produk-produk kamera ini bisa Anda simak pada situs rekomended.com.

3. Sesuaikan dengan Anggaran

Kemudian, anda perlu sesuaikan dengan anggaran. Jangan sampai menghabiskan uang hanya untuk membeli kamera saja. Setidaknya survei harga dan jangan sampai membeli kamera terlalu mahal namun, tak sesuai kebutuhan.

4. Kenali Merek dari Kamera

Jangan hanya ingin gengsi karena merek, cara memilih kamera DSLR yang benar adalah memilih mana yang mendukung kegiatan fotografi anda. Perlu diketahui juga setiap brand juga memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Setidaknya, anda mengetahui jika ada beberapa merek dipercaya oleh fotografer seperti Canon, Nikon, Fujifilm, hingga Olympus.

5. Fitur yang Diinginkan dan Dibutuhkan

Kenali fitur-fitur apa saja yang hadir di kamera yang anda inginkan. Hal ini supaya bisa menunjang aktivitas fotografi dan kebutuhan sehari-hari. Kemudian, anda bisa memilih kamera dengan fitur standar dengan harga yang miring atau relatif terjangkau.

6. Ukuran dan Model

Pilihlah ukuran kamera yang jelas nyaman digenggam oleh tangan dan pastikan ukuran serta modelnya tepat untuk dibawa mencari subjek atau foto.

7. Cari Review dan Referensi Kamera

Anda pun bisa mencari referensi yang ada di internet maupun teman yang mengerti tentang kamera. Cari ulasan-ulasan atau review mengenai spesifikasi dari kamera tersebut beserta hasil fotonya.

Untuk harga dan review dari kamera dslr tersebut, Anda bisa melihatnya pada bagian artikel ini: kamera dslr.

8. Pelajari Spesifikasi Kamera

Anda pun perlu mengetahui berapa megapiksel, bagaimana sensor, ISO, menjadi beberapa unsur penting dalam spesifikasi kamera.

9. Service Center dan Cek Garansi

Yang pasti dengan mendapatkan kamera yang lengkap dengan service center terdekat, anda akan mudah saat membutuhkan service atau mengganti spare-part kamera saat rusak. Pengeluaran biaya pun juga akan lebih hemat dan murah.

Anda pun perlu tahu berapa lama waktu garansinya dari kamera tersebut. Lalu, anda perlu memperhatikan juga komponen apa saja yang masuk di dalam garansi tersebut. Dengan begitu garansi dari kamera akan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

10. Tetapkan Satu Brand

Setelah melalui 9 tahapan cara memilih kamera DSLR di atas, maka mungkin anda sudah mantap dengan pilihan merek dari kamera. Anda pun jangan berpindah kepada merek lainnya dengan mudah hanya karena tergiur satu atau dua hal. Saat membeli kamera DSLR, maka anda akan melakukan investasi.

Banyak hal penting yang perlu anda perhatikan seperti unsur detail saat memilih kamera DSLR untuk anda yang pemula. Dan yang perlu diingat, kamera tersebut walau bagaimanapun hanyalah sebuah alat.

Sedangkan, hasil fotografi yang paling terbaik memang dapat dihasilkan dari keahlian anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *