Penyakit yang Disebabkan oleh Virus Pada Hewan

Tidak hanya menjadi sumber penyakit bagi manusia saja, nyatanya virus bisa menyerang pada hewan. Tidak hanya menyerang secara epidemik, tetapi juga dengan pademik yang muncul karena kondisi tertentu. Virus juga bersifat parasit, dimana selama hidupnya virus akan menyerang dan menginfeksi sel – sel dalam tubuh sehingga timbul hal – hal yang merugikan, khususnya sel inang.

Informasi seputar virus bisa anda temukan di https://mesinmilenial.com secara lengkap. Pada manusia virus bisa menyebabkan penyakit AIDS, flu, hepatitis dan SARS. Khususnya anda yang memiliki hewan peliharaan, anda harus memperhatikan dengan benar kondisi baik dalam maupun luarnya. Dengan begitu, tidak hanya bagi hewan peliharaan saja yang sehat, begitu juga anda sebagai pemiliknya.

Penyakit Hewan yang Disebabkan Karena Virus

1. Penyakit rabies

Penyakit yang biasanya menyerang anjing peliharaan maupun liar ini disebabkan oleh virus virus Rhabdovirus. Tidak hanya ke manusia saja, tetapi virus ini bisa menyebar hingga ke manusia dan hewan peliharaan anda lainnya. Penyakit ini bisa dengan mudah tertular jika sudah tergigit dan anda tidak melakukan penanganan terhadap lukanya. Dengan begitu virus akan mudah menyebar.

Virus Rhabdovirus ini biasa menyerang bagian otot yang kemudian dilanjutkan ke bagian saraf sehingga bisa menimbulkan penyakit yang aneh pada hewan. Penyakit yang disebabkan oleh virus pada hewan memiliki gejala yang bisa anda lihat pada anjing yang tampak gelisah, lebih agresif, dan juga produksi air liur lebih banyak.

2. Penyakit mulut dan kuku

Selanjutnya penyakit hewan yang disebabkan virus Aphthovirus ini bisa menyerang bagian mulut dan kuku binatang. Biasanya virus ini menyerang hewan ruminansia yang memiliki pencernaan unik, seperti sapi, gajah, domba, kambing dan kerbau. Penyakit ini ditandai dengan hewan yang lesu, selalu dehidrasi dan gelisah, serta malas berdiri karena pincang, sampai nafsu makan yang menurun.

Virus yang menyebabkan penyakit ini bisa menyebar menggunakan media udara, makanan, maupun alat – alat yang biasa digunakan sehingga menjadi terkontaminasi. Untuk binatang mamalia, akan mengaalmi penyusutan pada hasil susunya. Selain itu juga meningkat 70 persen risiko kematiannya.

3. Penyakit tetelo

Penyakit ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Biasa menyerang hewan peliharaan khususnya unggas, seperti ayam bangkok, bebek dan angsa. Gejala yang ditimbulkan pada hewan unggas seperti diare, batuk, dan hilangnya keseimbangan saat berjalan maupun terbang. Perlu dilakukan tindakan seperti karantina pada hewan unggas untuk mencegah semakin menyebarnya penyakit.

4. Penyakit kutil atau tumor

Tidak hanya terjadi dengan manusia, tumor juga bisa terjadi pada hewan. Biasanya, pada hewan hal ini diakibatkan oleh virus RSV (rous sarcomavirus) untuk yang unggas.sedangkan virus Bovine papillomavirus biasanya menyerang hewan seperti sapi. Virus ini biasanya menyerang pada sel – sel jaringan epitel dan membran seperti mukosa pada hewan.

5. Penyakit flu burung

H5N1, biasa dikenal dengan flu burung ini juga disebabkan oleh virus. Tidak hanya pada hewan, virus ini juga menyebar ke mamalia lain, seperti manusia. Pada penyakit ini, risiko kematiannya tergolong cukup tinggi. Hewan yang terkena penyakit ini bisanya memiliki gejala sulitnya bernapas, dengan yang tinggi dan juga gangguan pada pencernannya. Lakukan pencegahan dengan karantina hewan.

6. Penyakit avibirnavirus

Penyakit ini disebabkan oleh virus Infectious Bursal Agent (IBA) yang biasa menyerang hewan unggas seperti ayam dan burung. Penyakit ini tergolong akut, pada ayam yang berumur 3 sampai 6 minggu. Sedangkan untuk yang 3 minggu ke bawah penyakit ini belum tergolong kronis. Penyakit ini ditandai dengan penghancuran limfosit  yang rendah pada limfoid lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *