Pengertian Biologi Secara Umum dan Menurut Ahli

Mata pelajaran Biologi merupakan salah satu pelajaran wajib yang terdapat pada kurikulum pendidikan di Indonesia. Mata pelajaran ini merupakan salah satu ilmu eksakta yang mana bahkan sampai pendidikan tertinggi juga terdapat jurusan yang mempelajari ilmu biologi.

Biologi terdiri dari berbagai macam cabang yang mengerucut yang dapat kamu jadikan acuan ketika melanjutkan ke tingkat kuliah.

Biologi sendiri menjadi cabang ilmu yang sangat menarik dikarenakan mudah dinalar dan diamati karena mengangkut makhluk hidup dan lingkungan sekitar.

Biansanya di jenjang pendidikan dasar kamu akan lebih sering untuk mempraktikan biologi melalui eksplorasi alam sekitar untuk mengenal secara langsung fenomena alam yang terjadi setiap hari. Contoh yang paling gampang adalah metamorphosis kupu-kupu.

Pengertian Biologi

Biologi memiliki banyak pengertian tergantung bagaimana orang memahami istilah biologi. Baik pengertian secara umum maupun menurut para ahli intinya sama. Beberapa ahli biologi juga menyimpulkan sendiri pengertian biologi dengan pemahaman mereka. Bahkan kebanyakan orang yang akan mengetahui makna biologi setelah mereka mempelajari secara langsung fenomena alam.

Ilmu biologi sudah dikaji oleh leluhur terdahulu pada masa peradaban besar dunia seperti Mesir kuno. India, Cina, dan India. Kemudian ilmu biologi modern dikembangkan pada masa Yunani Kuno yang dipelopori oleh para ilmuwan seperti Hippocratus dan Aristotees.

Istilah biologi sendiri dikemukakan pertama kali pada tahun 1736 dalam sebuah tulisan berjudul “Bibliotheca Botanica” oleh Linnaeus.

Secara umum, pengertian ilmu biologi merupakan salah satu cabang disiplin ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang segala yang berhubungan dengan makhluk hidup di alamnya. Ilmu biologi merupakan penyerapan dari rangkaian akal manusia yang telah tersusun secara sistematis. Artinya ilmu biologi merupakan ilmu yang mudah di nalar atau mudah diterima oleh logika dengan penjelasan ilmiahnya.

Menurut para ahli, biologi yang benar adalah

1. Orman Karmana

Biologi adalah ilmu yang menjadi pondasi seluruh ilmu yang dapat menunjang ilmu lainnya dalam memenemukan solusi dan memecahkan masalah.

2. Fiktor Ferdinand P

Biologi sebagai ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup beserta lingkungan tempat tinggalnya.

3. Dewaty Furqonita

Biologi merupakan ilmu yang mengkaji dan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan degan makhluk hidup.

4. Maniam dan Ami S

Biologi merupakan disiplin ilmu yang memiliki cakupan sangat luas karena melingkupi seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini sehingga di perlukan pembagian cabang biologi sesuai dengan objeknya agar mudah mempelajarinya.

5. Bagod Sudjadi dan Siti Laila

Biologi adalah ilmu yang merupakan pecahan dari sains yang mana lebih spesifik yakni mengkaji tentang makhluk hidup dengan lingkungannya.

Menginginkan informasi lainnya mengenai pengertian biologi? Kamu bisa kunjungi https://www.mesinmilenial.com . Check this out!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *