Cara Mengobati Infeksi Parasit

Cara Mengobati Infeksi Parasit secara Alami

Jika Anda mengalami infeksi parasit di usus, maka ada baiknya Anda membaca cara mengobati infeksi parasit di usus Anda secara alami berikut ini.

Infeksi parasit di usus umumnya disebabkan oleh Protozoa, sebuah organisme bersel tunggal yang dapat menggandakan diri dalam tubuh dan Cacing Helminths.

Dalam banyak kasus, infeksi parasit di usus umumnya ditularkan melalui kontak dengan feses yang mengontaminasi melalui makanan, tanah, dan air. Oleh karena itu, mereka yang hidup dalam lingkungan kurang sehat seperti sanitasi yang buruk, higienitas buruk dan rendahnya akses ke fasilitas kesehatan.

Gejala infeksi parasit umumnya seperti:

  • Perut Kembung
  • Diare
  • Mudah Lelah
  • Mual-Muntah
  • Sakit Perut
  • Kehilangan Berat Badan secara Cepat
  • Feses disertai Cacing

Jika Anda mengalami beragam gejala diatas, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, umumnya dokter akan melakukan pengujian pada feses, meresepkan pengobatan dan tindakan preventif lainnya. Namun, selain pengobatan medis, terdapat cara alami untuk mengobati infeksi parasit di usus Anda.

Cara Mengobati Infeksi Parasit di Usus secara Alami

Meski belum di dukung oleh penelitian yang memadai, namun beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan herbal di bawah ini dapat mengatasi infeksi parasit di usus Anda. Simak ulasannya dibawah ini:

1. Berberin

Dalam penelitian yang terbit pada Iranian Journal of Parasitology tahun 2014 silam mengungkapkan bahwa ekstrak tanaman berberin dapat mengatasi infeksi parasit dalam usus Anda. Ekstrak Berberin dapat menyingkirkan parasit giardia yang mengendap dalam tubuh dan juga mencegah infeksi cacing pita.

Berberin merupakan herbal alami yang terdapat pada akar dan batang tanaman seperti Barbery, Goldenseal dan Coptis.

2. Biji Pepaya

Dalam studi pendahuluan yang terbit pada Journal of Medicinal Food pada tahun 2007 silam menunjukan bahwa pemberian ekstrak biji pepaya dan madu pada 60 anak dengan masalah parasit pada usus mereka berdampak positif dalam mengobati parasit di usus.

Dalam penelitian tersebut, infeksi parasit teratasi setelah tujuh hari pemberian ekstrak biji pepaya. Peneliti mengatakan bahwa tidak ditemukan lagi parasit pada feses mereka setelah tujuh hari suplementasi biji pepaya.

3. Propolis

Manfaat propolis dalam mengatasi infeksi parasit adalah kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalamnya dapat mengatasi infeksi parasit Giardia Lamblia yang umumnya menyerang usus kecil. Beragam penelitian mengenai manfaat propolis menyebutkan bahwa pemberian propolis meningkatkan rasio kesembuhan hingga 60 persen pada penderia infeksi Giardiasis.

Oleh karena itu, konsumsi propolis yang dicampurkan dalam segelas air untuk menjaga kesehatan Anda secara umum.

4. Biji Labu

Salah satu cara alami untuk mengatasi infeksi parasit adalah dengan mengonsumsi biji labu. Kandungan asam amino, asam lemak, dan komponen seperti berberin, cucurbitine dan palatine. Dalam penelitian yang terbit pada International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2016 silam menunjukan bahwa biji labu memiliki kandungan senyawa aktif yang bersifat memerangi parasit dalam tubuh Anda.

5. Wormwood atau Baru Cina

Baru Cina atau yang lebih dikenal wormwood merupakan salah satu herbal yang dapat menyingkirkan cacing atau larva Helminth dalam tubuh Anda. Hal ini diperkuat dengan hasil studi yang terbit pada Parasitology Research pada tahun 2010 yang menyebabkan tumbuhan herbal ini memiliki komponen Sesquiterpene Lactones yang dapat melemahkan membran parasit dan cacing helminth dalam tubuh Anda.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengobati Infeksi Parasit secara Alami. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi infeksi parasit dalam tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *