Makanan Penyubur Rahim

Makanan Penyubur Rahim

Salah satu cara cepat hamil salah satunya adalah dengan menjaga kualitas sel telur Anda, sel telur berkaitan langsung dengan siklus menstruasi, kesuburan rahim dan kemampuan untuk hamil. Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas sel telur diperlukan penerapan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan konsumsi makanan bernutrisi.

Dalam artikel kali ini, saya akan membahas mengenai beragam makanan penyubur rahim yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan peluang kehamilan saat program hamil. Simak ulasannya dibawah ini:

Makanan Penyubur Rahim agar Cepat hamil

1. Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan asam folat, vitamin K dan Kalium yang merupakan vitamin penyubur kandungan. Asam folat berperan untuk mempersiapkan rahim, sedangkan Vitamin K dan Kalium membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan, menjaga keseimbangan hormon dan mengontrol tekanan darah Anda.

Selain itu, kandungan monounsaturated fat dalam buah ini juga sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi Anda. Oleh karena itu, dapatkan buah salah dalam bentuk jus atau salad buah selama program hamil.

2. Kacang-kacangan

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita, konsumsi kacang-kacangan dan lentil yang kaya akan zat besi dan nutrisi lainnya seperti magnesium dapat meningkatkan kesuburan rahim Anda.

Zat besi memastikan produksi sel darah merah dan menjamin seluruh organ mendapatkan asupan darah kaya oksigen agar berfungsi dengan maksimal, termasuk organ reproduksi Anda. Sedangkan nutrisi lainnya seperti magnesium dan asam lemak omega 3 dapat meningkatkan produksi hormon progesteron dan mengatasi peradangan yang dapat menganggu siklus menstruasi Anda.

3. Kacang Brazil

Kacang Brazil merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan organ reproduksi Anda. Kandungan selenium dalam kurma mudah berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel telur dan meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas.

Konsumsi kacang brazil pada hari kelima setelah haid untuk meningkatkan kesuburan Anda secara signifikan, pada hari kelima dan seterusnya setelah hadi merupakan periode dimana hormon estrogen meningkat dan membantu pembentukan dan pematangan sel telur.

4. Biji Wijen

Biji wijen kaya akan kandungan mineral Zinc yang dapat membantu produksi hormon yang dapat menjaga kesehatan sel telur Anda. Biji wijen kaya akan monosaturated fat yang baik untuk kesehatan organ reproduksi Anda. Oleh karena itu, tambahkan biji wijen dalam campuran salad atau sereal Anda setiap hari selama program hamil.

5. Buah Berry

Konsumsi buah berry seperti strawberry, blueberry, blackberry dan cranberry dapat melindungi sel telur Anda dari kerusakan karena paparan radikal bebas. Buah berry kaya akan antioksidan yang baik dalam melindungi diri Anda dari beragam penyakit dan peradangan yang dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi Anda.

Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus, disarankan konsumsi tiga porsi buah berry setiap minggunya selama program hamil.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein disamping daging merah dan telur. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang dalam program hamil.

Asam lemak omega 3 bekerja dalam mengatasi peradangan pada tubuh dan meningkatkan fungsi sel-sel pembuluh darah Anda, hal ini sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi Anda untuk bekerja secara maksimal. Selain itu, kandungan asam folat dalam ikan ini juga berperan dalam mempersiapkan rahim Anda dalam menyambut kehamilan.

7. Air Putih

Secara teknis, air putih memang bukan makanan. Namun, memenuhi kebutuhan cairan sebanyak delapan gelas setiap hari dapat menjaga fungsi-fungsi organ termasuk organ reproduksi Anda bekerja maksimal. Kekurangan cairan dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan, oleh karena itu selalu perhatikan asupan cairan tubuh Anda.

8. Bayam

Sayur bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya seperti Kale, Brokoli dan Sawi merupakan sumber asam folat, protein, mangan, kalsium dan vitamin A. Mengutip Trimester123.com, nutrisi yang terkandung didalamnya dapat menjaga kesehatan organ reproduksi Anda seperti melancarkan siklus menstruasi dan mempersiapkan rahim Anda untuk hamil.

Oleh karena itu, selalu penuhi asupan sayuran berdaun hijau selama program hamil.

Demikian pembahasan mengenai Makanan Penyubur Rahim, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga organ reproduksi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *