Cara Mengobati Kucing Keracunan

Cara-Mengatasi-Kucing-Muntah-dan-Tidak-Mau-Makan

Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat menjaga kebersihannya, jadi tidak jarang kalau kita sering melihat kucing sering menjilati bulunya. Namun sebenarnya hal itu dapat berbahaya, karena kucing dapat menelan sesuatu yang dapat menyebabkan kucing mengalami keracunan. Jadi bagaimana cara mengobati kucing keracunan, jika hal itu terjadi pada kucing Anda.

Sebelum kita membahas banyak tentang bagaimana menangani kucing yang mengalami keracunan, maka Anda harus mengetahui penyebab dan gejala kucing mengalami keracunan. Ada beberapa bahan yang menyebabkan kucing dapat mengalami keracunan, bisa dari makanan manusia yang mengandung bahan kimia atau dari obat- obatan manusia, tanaman beracun dan insektisida.

Penyebab Kucing Keracunan

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi kucing yang mengalami keracunan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri- ciri kucing mengalami keracunan. Biasanya akan ditandai dengan sesuatu yang tidak biasanya dari kucing tersebut seperti kucing mengalami mencret atau diare, kucing muntah- muntah dan nafas kucing terlihat tidak lancar atau mengalami sesak nafas.

Selain itu, kadang kucing mengeluarkan sesuatu dari mulut dengan cara bersin atau batuk. Kucing juga akan megalami depersi, sering buang air kecil, mengeluarkan air liur lebih banyak. Biasanya kucing akan terlihat menggigil, tubuh gemetaran bahkan bisa sampai kejang- kejang. Jika hal itu terjadi pada hewan peliharaan kesayangan Anda, maka langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu dengan memberikan pertolongan.

Cara Mengobati Kucing Keracunan agar Kucing Cepat Sembuh

1. Membersihkan Kucing dengan Air

Jika kucing Anda mengalami keracunan karena kontak langsung dengan bahan kimia atau sejenisnya. Maka langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu dengan membersihkan dengan air. Usahakan mencucinya hingga berulang kali, agar racun yang menempel segera pergi dan tidak berakibat buruk pada kucing.

2. Memberikan Obat Penetral Racun untuk Kucing

Ketika kucing Anda mengalami keracunan, maka Anda dapat memberikan penetral racun atau antidot racun. Obat tersebut dapat Anda beli di pets shop agar tahu berapa dosis yang harus diberikan kepada kucing. Jika memungkinkan Anda dapat konsultasi langsung dengan dokter hewan.

Sebelum memberikan obat pada kucing, sebaiknya baca dengan teliti tentang anjuran cara memberikan obat tersebut. Selain itu, saat memberikan obat juga harus dengan dosis yang tepat. Karena pemberian obat yang tidak tepat, maka akan berbahaya untuk kesehatan kucing dan bisa berakibat fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian.

3. Membawa Kucing ke Tempat yang Udaranya Segar

Membawa kucing ke tempat yang memiliki udara segar dan terdapat banyak pohon- pohon yang hijau. Karena penyebab kucing mengalami keracunan bukan hanya dari faktor makanan, minuman atau sentuhan dengan bahan- bahan yang mengandung racun. namun juga bisa terjadi karena lingkungan yang tercemar udaranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *