Cara Mengontrol Gula Darah

Cara Alami mengontrol gula darah

Kadar gula darah tinggi adalah kondisi dimanan tubuh Anda tidak dapat menyalurkan gula dari darah ke sel-sel tubuh Anda. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, maka dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Kadar gula darah sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang Anda konsumsi. Oleh karenanya, untuk mengontrol gula darah diharuskan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini ulasan mengenai Cara Mengontrol Gula Darah yang dapat Anda terapkan pada kehidupan Anda.

Cara Mengontrol Gula Darah secara Alami

1. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitifitas tubuh Anda terhadap insulin.

Sensitifitas Insulin berarti sel-sel tubuh Anda dapat menyerap gula pada pembuluh darah Anda. Olahraga juga juga membantu otot Anda mengubah gula menjadi energi dan kontraksi otot.

Jika Anda memiliki kesulitan mengontrol kadar gula darah Anda, Anda harus rutin memeriksakan kondisi kesehatan Anda, hal ini akan membuat Anda belajar mengenai respon tubuh Anda terhadap setiap aktifitas yang Anda lakukan, Anda akan mengetahui apakah aktifitas fisik yang Anda lakukan efektif dalam menurunkan kadar gula darah Anda atau perlu menambah durasi aktifitas.

Olahraga yang dapat Anda pilih adalah Angkat Beban, Berjalan Kaki, Jogging, Bersepeda, Menari, Hiking, Berenang dan Lainnya.

2. Batasi Asupan Karbohidrat

Tubuh Anda memecah karbohidrat mnejadi gula–umumnya glukosa–, dan kemudian insulin menyalurkan gula ke sel-sel tubuh Anda.

Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak gula atau anda memiliki masalah sensitifitas insulin, hal ini akan menyebabkan tubuh kesulitan menyerap gula dan meningkatkan kadar gula tubuh Anda.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa diet rendah karbohidrat adalah solusi yang dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah peningkatan kadar gula darah tubuh Anda.

3. Konsumsi Makanan Berserat

Konsumsi makanan berserat juga merupakan salah satu cara untuk mengontrol gula darah. Serat dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah makan.

Dengan mengonsumsi makanan berserat dapat mengontrol gula darah dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1.

Setiap harinya wanita membutuhkan 25 gram serat dan pria membutuhkan 38 serat. Anda dapat mengonsumsi makanan berserat seperti:

  • Sayur-sayuran
  • Buah-buahan
  • Legum
  • Nasi Merah
  • Nasi Coklat
  • Oats
  • Kacang-kacangan.

4. Minum Air Putih

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat menjaga kadar gula darah Anda tetap normal.

Minum air putih dapat mencegah dehidrasi dan membantu ginjal Anda mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urin.

Dalam sebuah studi observasi menemukan bahwa mereka yang mengonsumi air putih dua liter setiap hari memiliki risiko gula darah tinggi lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Air putih dapat meng-hidrasi darah, menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko penyakit diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman kemasan yang mengandung gula dan penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan air putih.

5. Konsumsi Makanan Rendah Gula

Makanan rendah gula atau makanan yang memiliki indeks glikemik rendah sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah pada penerita diabetes tipe 1 dan 2.

Indeks glikemik pada makanan diciptakan untuk mengetahui kadar gula dalam makanan yang mengandung karbohidrat sehingga Anda dapat menghitung berapa banyak asupan gula yang masuk ke tubuh Anda.

Berikut ini makanan rendah gula yang dapat menjadi pilihan menu Anda:

  • Seafood
  • Daging Merah
  • Daging Ayam
  • Ikan
  • Telur
  • Oats
  • Barley
  • Kacang-kacangan
  • Lentils
  • Legume
  • Kentang Manis
  • Yams
  • Jagung
  • Buah-buahan.

6. Hindari Stress

Stress dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda.

Hormon penyebab stress seperti Glucagon dan Kortisol juga dapat meningkatkan kadar gula darah tubuh Anda.

Melakukan olahraga, relaksasi dan meditasi dapat menurunkan level stress secara signifikan dan menurunkan kadar gula darah. Olahraga dan metode relaksasi seperti yoga selain dapat menurunkan stress juga dapat mengatasi masalah sensitifitas insulin tubuh Anda.

7. Cukup Istirahat

Cukup istirahat merupakan kebutuhan yang sangat krusial.

Kurang istirahat atau kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan peningkatkan level gula darah dan menurunkan sensitifitas tubuh Anda terhadap insulin. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan meningkatnya nafsu makan yang berujung pada risiko obesitas.

Gangguan tidur dapat menurunkan pelepasan hormon pertumbuhan dan meningkatkan kadar hormon kortisol sehingga Anda rentan mengalami stress dan mempengaruhi kadar gula darah tubuh Anda.

Orang dewasa setidaknya membutuhkan enam-tujuh jam waktu tidur di malam hari.

8. Konsumsi Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel sangat banyak bagi kesehatan tubuh Anda.

Cuka apel dapat mempengaruhi respon tubuh Anda terhadap gula dan meningkatkan sensitifitas insulin terhadap gula. Mengutip Manfaat.PRO, asam asetat dalam cuka apel dapat mencegah penyerapan zat tepung dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi putih, mie, roti dan pasta.

Untuk mengonsumsi cuka apel, Anda dapat menjadikannya sebagai salad’s dressing atau mencampurkan dua sendok makan cuka apel dalam segelas air.

9. Turunkan Berat Badan

Kelebihan berat merupakan sumber masalah kesehatan. Obesitas dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Menurunkan 7 persen berat badan dapat menurunkan risiko diabetes hingga 58 persen. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui berat badan ideal tubuh Anda dan usahakan untuk mendapatkan berat ideal tersebut.

Bagi Anda memiliki masalah kelebihan berat badan ada baiknya untuk rutin berolahraga dan menjalankan program diet sehat mulai saat ini.

10. Rutin Cek Gula Darah

Rutin memeriksakan dan memonitor gula darah merupakan langkah yang tepat untuk mengontrol gula darah.

Memeriksakan kadar gula darah Anda secara berkala memberikan informasi mengenai makanan apa yang harus Anda hindari dan pengobatan apa yang Anda perlukan untuk menurunkan kadar gula darah.

Jadi tetap pantau kadar gula darah Anda secara berkala.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengontrol gula darah secara alami yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *