Manfaat Madu

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu telah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional Ayurvedic di India dan Tiongkok. Kandungan beragam vitamin, mineral dan senyawa aktif di dalamnya menjadikan madu sebagai super food.

Karena kandungan vitamin dan mineral dalam madu, membuatnya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh Anda. Dalam artikel ini saya akan mengulas mengenai Manfaat Madu untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Anda. Simak ulasannya dibawah Ini

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengatasi Alergi

Madu memiliki manfaat dalam memerangi peradangan pada tubuh Anda dan hal ini sangat efektif untuk mengatasi masalah alergi.

Antioksidan dalam madu dan kombinasi jejak serbuk sari dan paparan alergen bekerja sama dalam mencegah reaksi alergi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi satu sendok makan madu untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu cara untuk menjaga kemampuan memori otak Anda adalah dengan menjaga asupan makanan bernutrisi, salah satunya adalah madu.

Kandungan antioksidan dalam madu bekerja melindungi sel-sel otak dari kerusakan baik yang dikarenakan radikal bebas maupun penurunkan fungsi karena faktor usia.

Mengutip pemberitaan Reuter mengenai penelitian yang melibatkan 102 wanita usia lanjut yang mengonsumsi 20 gram setiap hari selama empat bulan, dari penelitian tersebut didapati hasil bahwa mereka mereka yang telah memasuki masa menopause dan rutin mengonsumsi memiliki kemampuan memori jangka pendek yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

3. Mencegah Kanker

Kandunggan Flavonoid dan Felonic dalam madu efektif dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker karena radikal bebas.

Kandungan senyawa Felonic meliputi: Asam Gallic, Asam P-Coumaric, Asam Elegiac, Chrysin, Asam Syringic, Asam Ferulic dan Asam Cafeic yang berperan dan mencegah perubahan struktur DNA pada sel-sel tubuh Anda karena radikal bebas, seperti yang Anda ketahui radikal bebas dapat mengubah sel-sel tubuh Anda yang sebelumnya normal menjadi sel kanker atau tumor.

Untuk itu, sebaiknya konsumsi madu murni setiap pagi hari untuk mendapatkan manfaat perlindungan dari risiko kanker.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Madu juga efektif dalam mempercepat penyembuhan pada permukaan kulit Anda. Madu memiliki senyawa anti-bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri di area sekitar luka, hal ini tentu saja baik untuk mencegah infeksi lebih jauh yang disebabkan oleh bakteri.

Dalam sebuah studi yang melibatkan 59 partisipan yang memiliki keluhan luka dan borok pada kaki dan telah menjalani berbagai macam pengobatan konvensional, namun belum menunjukan kemajuan yang berarti. Para partisipan diobati dengan madu dengan cara mengoleskan langsung pada area terdampak luka, hasilnya luka tetap steril dan mempercepat penyembuhan luka.

5. Mencegah Penuaan Dini

Selain baik untuk dikonsumsi, madu juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit Anda. Madu dapat digunakan sebagai pelembap alami untuk kulit Anda, dengan mengaplikasikan sebagai campuran bahan masker kulit wajah Anda. Madu berperan dalam mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan halus di area sekitar mata.

Selain itu, penggunaan madu untuk diaplikasikan pada kulit wajah sangat luas. Madu dapat bekerja sebagai pembersih kulit, pelembab alami dan exfoliat alami yang efektif untuk membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat.

6. Meningkatkan Volume Rambut

Selain baik untuk produk perawatan kulit, madu juga dapat diaplikasikan pada rambut Anda. Ramuan madu yang dicampurkan minyak zaitun dapat meningkatkan volume rambut dan mencegah rambut kering dan rontok.

Untuk membuat masker rambut, Anda cukup hangatkan 50 ml minyak zaitun kemudian tambahkan dua sendok makan madu murni, campurkan hingga menjadi pasta. Terapkan pada rambut Anda dan diamkan hingga 15 menit untuk kemudian dibilas dengan menggunakan air bersih.

7. Meningkatkan Kesuburan

Madu merupakan makanan yang baik dikonsumsi ketika Anda dan Pasangan dalam program hamil. Bagi pria, kandungan antioksidan dalam madu berperan dalam melindungi sel sperma dari kerusakan karena radikal bebas. Sedangkan bagi wanita, rutin mengonsumsi maude dapat menstimulasi sel telur dan meningkatkan kesuburan rahim.

Mengutip Trimester123.com, dalam penelitian yang diterbitkan pada 2010 silam, kandungan senyawa aktif dalam madu efektif meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

8. Baik bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus membatasi asupan gula, berbeda dengan pemanis yang berasal dari tebu. Madu merupakan pemanis alami yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa jenis madu juga memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi penderita kencing manis.

Selain itu, manfaat madu bagi penderita diabetes lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah untuk menghindari peradangan pada tubuh dan menyebabkan komplikasi kesehatan.

9. Mengobati Batuk pada Anak

Batuk adalah tanda awal dari penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut. Dalam berbagai penelitian menyebutkan bahwa, madu bekerja efektif dalam mengurangi gejala batuk pada anak penderita ISPA daripada obat-obatan kimia. Sehingga madu merupakan pengobatan alternatif terbaik untuk mengatasi batuk.

Namun, yang perlu digaris bawahi adalah madu tidak cocok untuk anak usia dibawah tiga tahun.

10. Menjaga Kesehatan jantung

Kandungan antioksidan dalam madu sangat efektif dalam menjaga sirkulasi darah dan mencegah adanya penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, madu efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, keduanya merupakan faktor penyebab penyakit jantung.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *