Niat Shalat Qiyamul Lail Tanpa Tidur

Shalat Qiyamul Lail Tanpa Tidur

Pernahkah Anda mendengar tentang shalat qiyamul lail? Shalat qiyamul lail adalah shalat malam yang biasa dilakukan oleh umat muslim di sepertiga malam. Ada juga yang mengartikan bahwa shalat qiyamul lail adalah shalat Sunnah yang dilakukan antara sholat isya sampai sholat subuh. Shalat ini bisa dilakukan dengan rakaat genap atau rakaat ganjil. Tentunya disertai dengan niat shalat qiyamul lail tanpa tidur.

Banyak manfaat atau pahala yang akan diberikan Allah pada hamba-Nya yang mau melakukan sholat qiyamul lail ini, seperti untuk menghapuskan dosa dan mendekatkan diri kepada Allah. Para sahabat nabi telah memberikan suri tauladan ini kepada kita untuk dicontoh. Jika seseorang sudah melakukan witir atau shalat penutup, maka tidak boleh melakukan shalat lain yang jumlahnya ganjil.

Ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa di waktu shalat qiyamul lail ini, turun rahmat Allah yang tidak terkira untuk umatnya yang mau mendekatkan diri pada-Nya dan meminta pertolongan Allah. Malaikat akan ikut mendoakan hajat kita, dan Allah akan mengabulkan doa kita bila itu adalah hal yang baik untuk kita.

Banyak orang yang mengatakan bahwa sebelum melakukan shalat qiyamul lail harus tidur terlebih dahulu. Padahal, qiyamul lail ini berbeda dengan shalat tahajud. Ada 4 jenis shalat malam, yaitu shalat Qiyamul Ramadhan, Tahajud, Tarawih dan QIyamul Lail. Sholat tahajud dilakukan sesudah kita bangun tidur dan shalat qiyamul lail dilakukan sebelum tidur. Niat shalat qiyamul lail tidak berbeda dengan shalat tahajud, hanya tinggal diganti menjadi qiyamul lail.

Tata Cara melakukan shalat qiyamul lail

  • 1. Memperhatikan waktu

Waktu yang disediakan untuk melakukan shalat qiyamul ini terhitung sangat panjang, yakni sejak masuk waktu shalat isya sampai waktu adzan subuh. Umat islam bebas mau melakukannya jam berapa, asalkan masih dalam waktu tersebut.

  • 2. Bacaan

Ada seorang ulama besar yang mengatakan bahwa semakin banyak ayat yang dibaca di dalam sholat, maka akan semakin banyak pula pahala yang didapatkan. Hal ini didukung dengan janji Allah yang menjanjikan satu pahala untuk setiap huruf hijaiyah yang kita baca.

Itulah mengapa banyak orang yang mengatakan untuk menambah hafalan selagi masih bisa. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambah hafalan surat pendek adalah dengan mendengarkan murotal. Salah satu situs yang menyediakan link untuk mendownload murotal dengan kualitas bagus dan cara yang mudah adalah www.dataislami.com, anda juga bisa membaca mengenai artikel islami.

  • 3. Urutan

Urutan melakukan shalat qiyamul lail sama saja dengan shalat yang lainnya, hanya ada perbedaan di niatnya saja. Jangan lupa untuk membaca dzikir sesudah melakukan shalat. Ucapkan semua doa dan hajat yang Anda inginkan. Berdoa setelah melakukan shalat qiyamul lail adalah salah satu waktu yang diijabah oleh Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *